Puasa Tarwiyah dan Arafah 8 Dzulhijah 1445 H: 15 Juni 2024 Dan 9 Dzulhijah 1445 H: 16 Juni 2024

 


Berdasarkan hasil sidang isbat, penetapan 1 Dzulhijjah 1445 H jatuh pada tanggal 8 Juni 2024. Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha akan dirayakan pada tanggal 17 Juni 2024. Puasa Tarwiyah, yang dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah, akan jatuh pada 15 Juni 2024, sedangkan puasa Arafah, yang dilakukan pada 9 Dzulhijjah, akan dilaksanakan pada 16 Juni 2024.

Adapun niatnya sebagai berikut:

Niat puasa Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

"Saya iiat puasa Tarwiyah Sunnah karena Allah ta'âlâ.

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta'âlâ.


setelah kita melaksanakan puasa Dzulhijjah ternyata ada lagi 2 lagi puasa sunnah yang kalau kita tidak menerjakannya sangat disayangkan. Yaitu puasa Tarwiyah dan Arafah tentunya yang 2 ini jangan sampai telewatka, karena melihat hikmah dan keutamaan yang terkadung di dalamnya.


Sebelum kesitu (keutamaan dan hikmah) .Berikut jadwal puasa 2 hari sebelum Idul Adha:

v  8 Dzulhijah 1445 H: 15 Juni 2024

v  9 Dzulhijah 1445 H: 16 Juni 2024


Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah


Puasa Tarwiyah dan Arafah sangat dianjurkan, kecuali bagi yang menjalankan ibadah haji. Berikut keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah yang dikutip dari buku Tata Cara dan Tuntunan Segala Jenis Puasa.


Keutamaan Puasa Tarwiyah


Puasa Tarwiyah memiliki banyak keutamaan. Berikut di antaranya:


1. Menghapus Dosa Satu Tahun


Umat Islam yang menjalankan puasa Tarwiyah akan dihapus dosanya selama satu tahun. Ada sebagian ulama mengatakan bahwa hadits yang mendasari hal ini termasuk hadits dhaif (lemah), karena riwayatnya tidak kuat.


Kendati demikian, para ulama menyarankan untuk mengamalkan hadits ini dalam konteks fadha-ilul a'mal (amal-amal yang memperoleh keutamaan). Terlebih lagi, berpuasa pada tanggal 8 termasuk dalam sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, yang merupakan hari yang istimewa.


Ibnu Abbas RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada satu hari ketika amal shalih lebih disukai oleh Allah SWT dari pada sepuluh dari permulaan Dzulhijjah." Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah SAW, walaupun dibandingkan dengan berjuang di jalan Allah SWT.?" Beliau pun bersabda, "Walaupun dibandingkan dengan berjuang di jalan Allah SWT, kecuali seorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya, kemudian ia tidak menginginkan balasan apa pun dari yang telah dikorbankannya." (HR. Bukhari).

2. Seperti Memerdekakan Seribu Budak


Orang yang menjalankan puasa Tarwiyah juga akan mendapatkan keutamaan seperti memerdekakan seribu budak dan bersedekah seribu unta dan seribu kuda yang digunakan jihad fi sabilillah.

Keutamaan Puasa Arafah


Keutamaan puasa puasa Arafah juga tak kalah banyak.Berikut sejumlah keutamaannya:

 

1. Pelebur Dosa

 

Salah satu keutamaan puasa Arafah terdapat pada hadits nabi, berikut:

 

Abu Qatadah RA berkata, "Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari 'Arafah, kemudian beliau menjawab bahwa puasa itu melebur dosa satu tahun yang telah berlalu dan yang akan datang." (HR. Muslim).


2. Pembebasan dari Api Neraka

 

Selain sebagai peleburan dosa, puasa Arafah juga mempunyai fadhilah sebagai pembebasan dari api neraka. Rasulullah SAW bersabda:

"Di antara hari yang Allah SWT banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada malaikat. Kemudian, Allah berfirman, 'Apa yang diinginkan oleh mereka?" (HR. Muslim).


3. Dikabulkannya Doa


Keutamaan lainnya adalah dikabulkannya doa bagi orang yang menjalankannya. Secara umum, doa orang yang berpuasa akan dikabulkan Allah SWT, apalagi yang menjalankan puasa Arafah. Rasulullah SAW bersabda:


"Sebaik-baik doa adalah doa pada hari 'Arafah. Dan, sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para nabi sebelumku, adalah ucapan 'Laa ilaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa 'ala kuli syai-in qadiir" (HR. Tirmidzi).


4. Seperti Memerdekakan Dua Ribu Budak.


Puasa Arafah sama dengan memerdekakan dua ribu budak dan bersedekah dua ribu unta dan dua ratus kuda untuk jihad fi sabilillah.


Itulah niat puasa Tarwiyah dan Arafah serta tata caranya. Semoga bermanfaat, detikers!

kutipan dari detik sulsel yang mengutip dari situs Nahdlatul Ulama.

Wallahu 'A'lam

 

Post a Comment

Previous Post Next Post