Beberapa Hal Yang DiSunnahkan Di Bulan Muharram Untuk Dilakukan Sebagai Amal Ibadah

 


 beberapa hal yang disunnahkan di bulan muharram untuk dilakukan sebagai amal ibadah. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Puasa Tasu'a dan 'Asyura: Puasa pada hari ke-9 (Tasu'a) dan hari ke-10 (‘Asyura) bulan Muharram. Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa di hari 'Asyura dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu dalam setahun sebelumnya.
  2. Meningkatkan Ibadah dan Taqwa: Bulan Muharram merupakan awal dari tahun hijriyah baru, sehingga disunnahkan untuk meningkatkan ibadah, taqwa, dan memperbaiki diri sebagai awal yang baik dalam menjalani tahun baru Islam.
  3. Mengingat Tragedi Karbala: Pada tanggal 10 Muharram, yaitu hari 'Asyura, umat Muslim juga mengenang tragedi besar di Karbala yang melibatkan cucu Nabi Muhammad SAW, Husain bin Ali dan pengikutnya yang mati syahid. Meskipun tidak secara langsung disunnahkan, namun peristiwa ini merupakan momen untuk merenungkan nilai-nilai kesabaran, keberanian, dan kesetiaan dalam agama Islam.
  4. Membaca Surah Al-Fatihah dan Surah Al-Ikhlas: Membaca surah-surah ini dan doa-doa yang disunnahkan pada umumnya, seperti doa Qunut, sebagai bagian dari amalan harian di bulan Muharram.
  5. Memberikan Sedekah dan Berbuat Baik: Seperti dalam bulan-bulan lainnya, memberikan sedekah dan berbuat baik kepada sesama, termasuk keluarga, tetangga, dan orang-orang yang membutuhkan, juga merupakan amal yang dianjurkan.

Yang penting diingat, praktik-praktik ini adalah sunnah-sunnah yang dianjurkan, namun tidak diwajibkan. Maka dari itu, dilakukan dengan ikhlas dan penuh keimanan kepada Allah SWT.

Top of Form

Bottom of Form

 

Post a Comment

Previous Post Next Post