TERNYATA MASIH BESOKNYA LAGI Tahun Baru Islam (Hijriah) Di Pondok Pesantren Hasan Jufri


Baru saja, hari Sabtu tanggal 6 Juli 2024, Pondok Pesantren Hasan Jufri menyambut dan memeriahkan detik demi detik bergantinya tahun islam atau yang biasa disebut dengan tahun baru Hijriah yang ke-1446.


Acara ini dimulai dengan sebuah panjatan doa akhir tahun dan dilanjutkan ba'da maghrib dengan pembacaan doa awal tahun. yang dilantunkan langsung oleh beliau pengasuh Ponpes Hasan Jufri (K. Muhammad Najahul Umam) diikuti oleh santri-santrinya di masjid Pondok Pesantren Hasan Jufri (masjid Al-Bait al-'Atiq).


Demikian doa yang dipanjatkan dengan suatu harapan agar tahun yang sudah dilewati dan yang akan dilewati tidak lain dan tidak bukan kecuali hanya untuk mendapatkan kebaikan rahmat dan maghfirah dari Allah SWT.


Menariknya lagi, acara ini menyempatkan minum susu bersama yang sudah disediakan. Maksud dan tujuannya dari minum susu yaitu bertafaul dengan suatu harapan "sama halnya susu yang warnanya putih, melambangkan kesucian dan kebersihan kitapun berharap kepada Allah agar amaliah yang nantinya akan kita kerjakan selama satu tahun kedepan juga disucikan dari segala dosa dan segala bentuk kejelekan yang ada". 


Sambil nunggu waktu sholat isya dimulailah pembacaan surat Yasin, al-mulk dan surat waqi'ah. Demikian pembacaan ayat suci Alquran dilantunkan bersama untuk mengisi kekosongan selama menunggu pelaksanaan sholat isya. 


Setelah pelaksanaan sholat isya acara ini dimeriahkan dengan sholawatan oleh Grup Dhiya'ul Mujtaba bersama para santri Ponpes Hasan Jufri dibuka dengan sholawatan "Robbi ya Robbi Sallimna". Dimana sholawat ini mengandung makna yang cukup mendalam terkait keselamatan kita dalam menjalani detik demi detik, langkah demi langkah atau bahkan tahun demi tahun selama kita hidup di dunia ini. 


Di samping itu, setelah sholawatan pondok pesantren juga mengadakan acara untuk santri baru yaitu sambutan hangat terhadap santri baru. Yang di dalamnya meliputi semacam renungan pesan orang tua baik yang sudah disampaikan maupun yang belum tersampaikan. Demikian acara ini sangat menyentuh hati para santri pondok pesantren Hasan Jufri. 


Acara ini dipungkas dengan perkenalan santri baru. Dalam perkenalan ini satu persatu dari santri baru memperkenalkan nama, alamat dan ditanyakan tujuan mondok dari rumah untuk apa?


Demikian acara yang diadakan. semoga menjadi amaliah yang menguntungkan, tak lepas dengan rahmat dan maunah yang diharapkan, agar nantinya menjadi pribadi hamba yang diharapkan, agar nantinya mendapatkan keselamatan. 


Post a Comment

Previous Post Next Post