Pentingnya Mengamalkan Ilmu



Kita sebagai santri harus mencari ilmu dan mengamalkannya? kenapa harus diamalkan ?

Karena kalo tidak diamalkan maka itu akan menjadi sia-sia bagi kita.

العلم بلا عمل كَالشَّجَرِ بلا ثمر

Artinya; Ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon tanpa buah .

Maksud dari pepetah arab tersebut adalah “Kita sebagai santri hukumya wajib untuk mencari ilmu. Di samping itu kita juga wajib untuk mengamalkannya. Ibarat kita menanam pohon durian, Kita menanam pohon tersebut dari kecil, kita menunggu pohon tersebut menjadi besar akan tetapi kita tidak menyiram pohon tersebut,  lalu  setelah pohon itu menjadi besar ternyata pohon durian itu tidak kunjung berbuah, dan bertahun-tahun dilalui pohon durian itu masih tidak berbuah. Akhirnya seakan-akan merasakan cape. Padahal yang diinginkan pohon itu tidak hanya menaungi seseorang yang ada dibawah pohon tersebut, tapi juga dapat merasakan buah dari apa yang selama ini dia tanam. 

Begitu juga ilmu, kita jauh-jauh dari rumah ke pondok meninggalkan orang tua, keluarga, teman dan sebagainya karena untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Disamping itu di pondok juga sudah merasakan cape mencari ilmu, sering lapar di tengah malam, sering sakit, sering nangis dan sebagainya. bertahun-tahun kita lalui berada di pondok Karena untuk mencari ilmu, akan tetapi setelah kita mendapatkan ilmu kok kita tidak mengamalkannya. Bertahun-tahun kita mencari ilmu tapi kok tidak diamalkan itu semua akan sia-sia. Imunya ada, tapi ilmunya tidak bermanfaat bagi dia apalagi kepada orang lain. 

Sebab itu kenapa penting mengamalkan ilmu, karena orang yang mempunyai ilmu, tapi dia tidak mengamalkannya, maka dia termasuk orang yang rugi. Dari itu, ada juga pepatah mengatakan “Lebih baik menjadi mantan preman daripada mantan santri".

Betapa banyak orang-orang yang berhenti dari mondoknya, ketika sampai ke rumahnya dia malah menjadi preman jalanan. Preman jalanan dalam artian rambutnya diwarnai, gaya berbicaranya tidak sopan dan pakaiannya adalah pakaian yang tidak layak bagi santri itu. Sebab, dia tidak mengamalkan dengan ilmu yang sudah dia pelajari selama ini. 

Karenanya, mari kita mencari ilmu dengan baik dan mengamalkannya, karena dengan ilmu hidup kita akan menjadi tenang di dunia da di akhirat. Dan semoga kita semua menjadi ahli ilmu yang baik dan berguna bagi masyarakat nanti. 

Aminn.

Wallahu A'lam



Post a Comment

Previous Post Next Post